Halaman

Kamis, 15 Februari 2018

5 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi untuk Efisiensi Waktu Lebih Baik

5 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi untuk Efisiensi Waktu Lebih Baik

Bangun pagi bagi sebagian orang memang hal yang sangat menyebalkan dan sulit untuk dilakukan, karena biasanya disaat pagi hari tersebut adalah waktu-waktu ternyaman untuk tidur. Sehingga sebagian besar orang sangat sulit untuk beranjak dari tempat tidur terlebih saat hujan datang disaat pagi hari. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut bangun pagi memiliki manfaat yang sangat banyak.

Semakin pagi atau subuh Anda bangun, maka semakin baik kualitas udara yang Anda hirup. Terlebih pada pagi hari masih terdapat banyak gas ozon yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bangun tidur pagi juga membuat Seseorang dapat tidur lebih awal. Membuat organ tubuh bagian dalam dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Jika Anda saat ini telah mengetahui banyak manfaat dari bangun pagi maka Anda dapat menerapkannya. Biasanya jika seseorang memiliki tujuan barulah ia bergegas untuk bangun pagi seperti yang telah diagendakan, namun jika tidak memiliki aktivitas ataupun tujuan dipagi hari seringkali dihabiskan dengan tidur nyenyak dipagi hari.

Maka dari itu, Anda harus membiasakan diri untuk bangun pagi setiap hari walaupun tidak memiliki tujuan atau aktivitas dipagi hari agar dapat merasakan udara yang sejuk dipagi hari tersebut. Jika masih merasa sulit bangun pagi, maka Anda bisa simak 5 tips supaya bangun pagi untuk efisiendi waktu yang lebih baik.

1. Tidur lebih awal atau jangan begadang

Anda harus tidur lebih awal dan tidak begadang untuk sebuah aktivitas yang tidak bermanfaat. Pada dasarnya orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam waktu tidur. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bangun pagi tanpa terasa terkantuk-kantuk, maka berusahalah untuk tidur dalam rentan waktu tersebut. Anda dapat tidur mulai pukul 21.00 dan bangun pada pukul 05.00 sehingga Anda dapat bersiap lebih awal dan tidak terburu-buru ketika berangkat bekerja ataupun memulai aktivitas lainnya.

2. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang memang sangat dianjurkan bagi tubuh agar beristirahat sejenak dari rutinitas yang tengah dihadapi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda tidak tidur siang dengan durasi yang terlalu lama karena jika tidur siang terlalu lama, Anda akan sulit tidur pada malam hari. Rasa kantuk di malam hari seolah telah terbayar dengan tidur siang yang terlalu lama dan mengakibatkan Anda untuk begadang.

3. Jangan makan malam sebelum tidur

Seringkali sebagian orang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum tidur. Hal tersebut memang bisa membuat Anda kenyang, namun dampaknya bisa buruk pada tubuh Anda, sekaligus kualitas tidur.

Ketika Anda makan sebelum tidur, maka proses pencernaan akan membutuhkan waktu, sehingga membuat Anda harus berdiam diri terlebih dahulu sebelum tidur. Hal tersebut juga akan semakin parah jika apa yang dikonsumsi adalah makanan yang berat ketika dicerna. Maka dari itu ketika memutuskan untuk makan malam setidaknya makanlah lebih awal sehingga tidak mengganggu waktu tidur Anda.

4. Tidur dengan keadaan nyaman

Ketika tidur, hendaknya Anda dalam keadaan yang tenang, dengan bantal yang nyaman dan tidak membuat punggung dan badan terasa sakit. Selain itu, tidurlah dalam keadaan bersih, baik keadaan badan maupun tempat tidur.

5. Buatlah tujuan

Dengan membuat tujuan maka Anda akan terpacu untuk melakukan tujuan tersebut sehingga mendorong Anda untuk bangun pagi. Misalnya tujuan tersebut seperti beribadah, berolahraga pagi, berangkat kerja, berangkat sekolah, dll. Dengan adanya tujuan-tujuan tersebut maka otak akan menstimulus hal tersebut dan menjadikan tubuh lebih termotivasi ataupun tergerak untuk melakukannya.

Apabila telah terbiasa bangun pagi setiap hari maka hal tersebut akan terus dilakukan di setiap harinya berulang-ulang karena badan Anda akan terasa tidak nyaman jika tidak bangun pagi. Dengan bangun pagi pun Anda dapat melihat matahari terbit dan merasakan hangatnya matahari pagi yang sangat menyegarkan badan.

Oleh karena itu Anda dapat menerapkan tips yang telah dijabarkan tersebut mulai esok hari agar Anda dapat merasakan banyaknya manfaat yang diperoleh dari bangun pagi baik secara kesehatan maupun secara psikologis. Tentu saja Anda juga lebih siap menghadapi sepanjang hari dengan bangun pagi tanpa terburu-buru.