Halaman

Senin, 12 Februari 2018

Tips Menjaga Stamina di Kantor Supaya Pekerjaan Selalu Beres Tepat Waktu

Tips Menjaga Stamina di Kantor Supaya Pekerjaan Selalu Beres Tepat Waktu

Orang yang sering lembur dan bekerja shift malam umumnya kerap memiliki kesehatan yang buruk karena harus tetap terjaga sepanjang malam dan staminanya pun menurun. Tidak hanya menyebabkan insomnia, kebiasaan lembur kerja juga bisa membuat tubuh dan pikiran stres karena secara biologis tubuh dirancang untuk aktif di siang hari, dan beristirahat di malam harinya.

Selain itu fungsi tubuh dan jenis hormon yang diproduksi juga berbeda antara siang dan malam hari. Saat aktivitas itu dibalik (istirahat di siang dan aktif di malam hari), maka organ-organ tubuh jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun di era yang serba sibuk ini, kerja lembur atau mendapat shift malam seringkali tak terhindari.

Maka sangat diperlukan stamina yang kuat dan sehat agar pekerjaan beres tepat waktu dan tidak bekerja dengan lembur. Berikut tips menjaga stamina di kantor supaya pekerjaan selalu beres tepat waktu.

1. Bangun Pagi

Pukul berapa Anda bangun setiap paginya menentukan seberapa bugar Anda di sepanjang hari. Apakah Anda sering menginginkan bangun lebih pagi namun tidak pernah bertahan lama? Jika Anda bangun pukul 7 pagi namun menginginkan bangun pukul 6 secara rutin, cobalah untuk memajukan waktu bangun tidur 5 menit setiap harinya, hingga tercapai rutinitas bangun pukul 6 pagi.

Dibandingkan dengan langsung memajukan satu jam waktu bangun tidur dalam satu hari yang akan membuat badan kaget dan mengantuk di siang harinya, memajukan waktu 5 menit tidak terlalu terasa efeknya bahkan hilang sama sekali.

2. Stretching (Peregangan Otot)

Setelah bangun, jangan hanya mengecek smartphone di tempat tidur. Bergeraklah melakukan olahraga ringan seperti peregangan tubuh di pagi hari. Jika sempat, Anda bisa pula pergi berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit atau melakukan jogging.

3. Atur Pola Makan

Pastikan Anda mengonsumsi makan pagi yang hangat sebelum pergi bekerja. Makanan hangat akan membantu menjaga proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Bisa dengan mengonsumsi sup atau sayur berkuah yang terbuat dari kaldu ayam.

Perlu diketahui, kaldu ayam kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan energi dan menambah tenaga, serta meningkatkan daya tahan tubuh.Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman energi. Kafein memang memberi tenaga ekstra dan membua Anda sulit mengantuk. Namun dampaknya kurang sehat bagi tubuh terlebih lagi jika ritme sirkadian (jam-jam tubuh saat bekerja) Anda abnormal.

4. Minum Vitamin

Mengatasi stres yang terkait dengan kerja lembur yang membuat stamina menurun adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam. Berbagai macam vitamin B seperti B1, B2, B3, B6, B7 dan B12 merupakan komponen yang memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh khususnya menambah kekuatan bagi otot. 

5. Hindari Rokok

Jangan merokok ketika Anda kerja di waktu lembur atau malam hari. Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan semakin menambah stres dan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

6. Mandi dengan Air Hangat

Mandilah dengan air hangat setelah pulang bekerja, yang telah terbukti untuk membuat tubuh lebih relaks untuk kualitas tidur yang lebih baik. Keesokannya, Anda pun siap untuk tetap bugar di kantor.

Itulah tips untuk menjaga stamina Anda sehingga pekerjaan Anda di kantor dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan tidak membuat Anda lembur. Menjaga stamina sangat diperlukan sehingga mulai sekarang Anda dapat mempraktikannya. Mulailah dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu secara rutin agar Anda dapat terus melakukannya dan merasakan manfaatnya pada stamina Anda.

Jika Anda memiliki stamina yang kuat maka Anda pun akan sulit terserang dari penyakit yang menghambat kinerja anda di kantor. Jika Anda mulai terserang penyakit maka Anda tidak dapat memaksakan diri untuk terus bekerja karena hal tersebut dapat membahayakan rekan kerja Anda yang dapat pula terserang penyakit tersebut sehingga Anda dapat beristirahat sejenak.