Halaman

Sabtu, 24 Februari 2018

5 Aplikasi HP Iphone dan Android untuk Manajemen Keuangan Anda

5 Aplikasi HP Iphone dan Android untuk Manajemen Keuangan Anda

Mengatur keuangan bukan satu hal yang mudah dilakukan. Berapa pun pendapatan atau pemasukan yang diperoleh setiap bulannya, bila tidak diatur dengan baik maka uang yang ada tidak akan mencukupi.

Contohnya, Anda memiliki pendapatan rutin cukup besar setiap bulannya, namun tidak bisa mengatur pengeluaran, dan cenderung menghabiskan pemasukan di tengah bulan. Pasti di akhir bulan Anda akan kelimpungan dalam memenuhi kebutuhan lainnya, belum lagi tidak memiliki simpanan untuk berjaga-jaga.

Kini zaman semakin maju membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Anda bisa mengatur keuangan dengan mengandalkan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan Google Play Store dan App Store. Berikut 5 rekomendasi aplikasi terbaik untuk manajemen keuangan.

1. Money for iPhone

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini fokus mengatur keuangan pada smartphone iPhone. Khususnya dalam accounting dan budgeting. Money for iPhone akan membantu Anda mengatur batas budget yang telah ditentukan seperti budget untuk belanja bulanan.

Anda bisa membuat beragam catatan dan pengaturan keuangan dengan satu halaman pengelolaan keuangan. Aplikasi ini akan meminta Anda fokus dalam mengatur dan mengelola, selain itu juga belajar disiplin. Money for iPhone bisa dibeli di App Store dengan harga $1,99.

2. Spandee

Tidak kalah pintar, aplikasi berfungsi membantu memanajemen keuangan ini cocok bagi Anda yang memang sering membutuhkan saran dalam pengaturan keuangan.

Sekilas Spandee hampir sama dengan aplikasi manajemen keuangan lainnya, tetapi memiliki sebenarnya aplikasi ini kelebihan tersendiri yaitu akan memberi saran dan pilihan terbaik sesuai dengan bagaimana Anda memakai uang dan kebiasaan berbelanja Anda. Sehingga akan membuat Anda lebih mudah mengatur keuangan, tanpa merasa terlalu terbebani karena harus mengubah kebiasaan secara mendadak.

3. Mint

Kalau Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki tugas besar mengatur keuangan keluarga, aplikasi Mint bisa Anda coba. Mint akan membantu melacak pengeluaran bulanan dari banyak anggota keluarga, membantu menentukan budget agar Anda bisa menabung lebih banyak lagi. Selain itu aplikasi ini tergolong mudah dipakai.

Anda bisa mendapat saran dalam pengaturan pengeluaran keluarga, mulai dari pengeluaran rutin suami, pemakaian kartu kredit, hingga pengeluaran tidak terduga. Aplikasi Mint bisa Anda dapatkan gratis.

4. Money Manager Expense and Budgeting

Beralih ke Android melalui Google Play Store, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama Money Manager Expense and Budgeting untuk mencoba mengatur pemasukan dan pengeluaran. Tampilan aplikasi satu ini cukup lengkap dan rapi. Anda akan diberi sejumlah informasi penting tentang berjalannya keuangan milik Anda.

Misalnya, berapa besar uang yang dibutuhkan untuk membeli makanan setiap harinya dan berapa besar budget yang lebih baik dikeluarkan untuk membeli makanan tersebut agar Anda bisa menyimpan uang sebagai tabungan lebih banyak. Semua data akan otomatis tersimpan dan terhitung, disesuaikan dengan tanggalnya.

5. Uang Ku

Lebih nyaman dengan aplikasi berbahasa Indonesia? Atau ingin tampilan aplikasi yang lebih sederhana tetapi tetap lengkap, Uang Ku bisa menjadi pilihan kelima. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini dibuat oleh PT Aeon Vision Synergy. Ya, Uang Ku merupakan aplikasi manajemen keuangan sederhana dengan catatan yang singkat, namun tetap bisa diandalkan.

Anda hanya tinggal mengisi sejumlah data untuk dihitung dan diperhitungkan oleh aplikasi tersebut. Kemudian Anda akan mendapatkan keterangan, apakah selama ini pemasukan dan pendapatan Anda setiap hari berbanding lurus, atau berlebihan.

Tidak hanya mengandalkan aplikasi khusus yang praktis di smartphone, Anda sendiri memang harus memiliki niat kuat untuk bisa mengatur keuangan lebih baik lagi. Tentu, tidak inginkan terus-terusan mengalami kesulitan hanya karena pengaturan yang yang salah? Apalagi bila harus berhadapan dengan beragam tuntutan seperti membeli kebutuhan dadakan.

Atau ketika Anda berencana ingin berlibur ke luar negeri, tetapi merasa uang tabungan tidak juga bertambah maka tandanya Anda butuh manajemen keuangan. Setidaknya mau mencatat berapa besar pengeluaran setiap hari di catatan pribadi akan membantu Anda mengetahui besar budget dan seberapa besar uang yang lebih baik Anda simpan. Maasih banyak aplikasi serupa lainnya, baik yang gratis, maupun yang berbayar.